Pages

Minggu, 28 Oktober 2012

JENIS- JENIS BUKTI TRANSAKSI



JENIS-JENIS BUKTI TRANSAKSI
   
1.       KUITANSI Adalah bukti transaksi untuk pembayaran sesuatu. Oleh karena itu kuitansi dibuat dan ditandatangani oleh pihak yang menerima uang dan diserahkan kepada pihak yang melakukan pembayaran.Bagi suatu perusahaan kuitansi yang diterima dari pihak lain merupakan bukti pengeluaran kas kepada pihak yang bersangkutan
.
2.       CEK Merupakan surat perintah kepada bank dari orang yang menandatanganinya untuk membayarkan sejumlah uang yang ditulis dalam cek kepada orang yang namanya ditulis dalam cek.

3.       BILYET GIRO Merupakan surat perintah dari nasabah suatu bank kepada bank yang bersangkutan untuk meminndah bukukan sejumlah uang dari rekeningnya kedalam rekening yang namanya tertulis dalam bilyet giro pada bank yg sama atau pada bank lain.

4.       FAKTUR Adalah bukti transaksi pembelian atau penjualan barang dengan pembayaran kredit. Faktur dibuat oleh pihak penjual dan deserahkan kepada pihak pembeli bersama barang yang dijual.

5.       NOTA KONTAN Adalah bukti transaksi dari pembelian atau pembayaran tunai.

6.       NOTA KREDIT  Adalah bukti transaksi penerimaan kembali barang yang telah dijual secara kredit(retur penjualan), atau pengurangan harga faktur karena barang sebagian rusak atau kualitasnya tidak sesuai pesanan.Nota kredit dibuat oleh pihak penjual dan deserahkan kepada pihak pembeli

7.       NOTA DEBIT  Adalah bukti transaksi yang dibuat oleh pihak pembeli untuk barang yang dikembalikan kepada penjual permohonan penngurangan harga faktur(retur pembelian).

8.       BUKTI MEMORIAL Merupakan bukti transaksi intern dalam bentuk memo dari pejabat dalam perrusahaan bagian akuntansi untuk  mencatat peristiwa atau keadaan yang sifatnya intern. Biasanya terjadi pada akhir periode seperti memo untuk mencatat gaji pegawai yg masih harus dibayar,penyusutan aktiva tetap dll.

1 komentar:

  1. akun-akun yg termasuk dlm bukti memorial dmsukan dalam jurnal umum apa tidak ?

    BalasHapus