Pages

Minggu, 28 Oktober 2012

PRINSIP AKUNTANSI


PRINSIP-PRINSIP AKUNTANSI

1.    KESATUAN AKUNTANSI
Prinsip kesatuan akuntansi adalah anggapan dasar bahwa perusahaan adalah suatu kesatuan ekonomi yang berdiri sendiri, terpisah baik pribadi pemilik perusahaan maupun dari kesatuan ekonomi yang lain.

2.    KESINAMBUNGAN
Konsep ini menganggap bahwa perusahaan didirikan untuk jangka waktu yang tidak terbatas.Artinya dalam keadaan usaha normal perusahaan tidak akan dibubarkan.Prinsip ini memungkinkan aktiva yang dapat digunakan dalam jangka waktu lebih dari satu tahun dinilai seharga , perolehanya dan dibebankan kepada periode-periode masa penggunaanya.

3.    PERIODE AKUNTANSI
Selama jangka waktu perusahaan menjalanakan usahanya dibagi menjadi periode-periode.Setiap periode pada umumnya dimulai tanggal 1 Januari dan berakhir tanggal 31 Desember (1 Th). Dengan demikian, proses akuntansi akan menghasilkan laporan periodik satu kali dalam 1 tahun.

4.    PENGUKURAN DALAM NILAI UANG
Uang sebagai alat pertukaran yang universal dalam perekonomian, semua kekayaan, modal nilai dengan uang.

5.    HARGA PERTUKARAN
Akuntansi menganggap bahwa harga yang ditentukan secara obyektif oleh pihak yang terkait dengan transaksi yg didukung oleh bukti-bukti yg sah yaitu harga pertukaran pada saat terjadi transaksi oleh karena itu transaksi keuangan harus dicatat sebesar pertukaran yaitu uang yg harus diterima/ dibayar untuk transaksi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar